Aquaponic Mata Kelik

www.matakelik.com
Setelah 10 bulan menjadi posts terpopuler di situs www.mogabay.co.id, yaitu sebuah situs yang  menyediakan informasi dan berita mengenai lingkungan terbesar di Indonesia, sudah banyak perubahan yang terjadi pada Aquaponic yang dibuat oleh A. Alexander Mering, pendiri komunitas Mata Kelik ini.

Antara lain kerangka penyangga paralon yang dulu terbuat dari kayu kini sudah diganti dengan besi yang dicat agar tampak rapi dan tak berkarat. Begitu juga jenis tanaman sayur yang ditanam di paralon yang melingkari pagar rumahnya itu, antara lain Kucai, Selada, Seledri, kangkung, dan sawi yang sudahj berkali-kali panen sejak ditulis oleh Andi Fachrizal, 5 April 2014 silam. Ikan pun tak cuma lele, sekarang sudah bertambah dengan ikan mas, gurami, koi, patin dan belida.

"Lumayan, setidaknya dalam seminggu dua hari bisa break dari mengkonsumsi sayuran yang dijual di pasar dan kemungkinan besar terpapar oleh pestisida," kata Mering saat di temui di kediamannya, Sabtu (21/2) kemarin.

Mering tak cuma memanfaatkan pagar rumahnya untuk membuat Aquaponic system, dia juga menanam sayur dengan teknik hydroponic, dengan memanfaatkan streoform bekas kemasan buah-buahan yang dibuang oleh pedagang.

Nah bagi yang penasaran ingin melihat bagaimana kolam dan kebun aquaponic Mering, silahkan klick link berikut.


  • Aquaponic Mata Kelik
  • Unknown
  • Saturday, 21 February 2015
  • No comments:
 

0 comments:

Post a Comment